SILABUS

SILABUS
Nama sekolah        :
Mata pelajaran        : kewarganegaraan
Kelas/semester    : IV/1
Alokasi waktu        : 8 x 45 menit (4 x pertemuan)
Standar kompetensi     :  1. Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan
Kompetensi dasar    Materi pokok/pembelajaran    Indicator     Kegiatan pembelajaran    Penilaian     Media/sumber belajar    Alokasi waktu
1.1 Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan     Sistem pemerintahan desa dan kecamatan    1.    Menjelaskan apa itu pemerintahan desa dan kecamatan
2.    Memberikan contoh lembaga-lembaga yang bertugas di pemerintahan desa
3.    Memberikan contoh lembaga-lembaga yang bertugas  pemerintahan kecamatan
4.    Menyebutkan tugas-tugas dan fungsi lembaga pemerintahan desa dan keccamatan    1. membaca penjelasan tentang pemerintahan desa dan kecamatan
2. mencari informasi dari berbagai sumber tentang lembaga-lembaga pemerintahan desa
3. mencari informasi dari berbagai sumber tentang lembaga pemerintahan kecamatan
4. mencari informasi tentang tugas dan fungsi lembaga pemerintahan desa dan kecamatan     Tes
Non tes    –    Bestari, Prayoga. Pendidikan Kewarganegaraan untuk kelas IV SD/MI. 2008. Bandung : Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
–    Gamabar
–    Papan tulis, spidol
4×45 menit
(2xperemuan)
1.2 menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan    Susunan pemerintahan desa dan kecamatan    1.    Menggambar struktur  organisasi pemerintah kecamatan dan pemerintahan desa
2.    Menjelaskan  persamaan  dan  perbedaan antara pe- merintahan  desa dan kelurahan.
3.    Menjelaskan tugas pejabat yang duduk dalam organisasi pemerintah desa  dan  kecamatan  di  tempat tinggalnya.    1.    Mencari  informasi  dari berbagai  sumber  tentang bentuk struktur organisasi pemerintahan  desa  dan pemerintah kecamatan.
2.    Berdiskusi  tentang  per- bedaan  dan  persamaan antara pemerintahan desa dan kelurahan.
3.    Melakukan  kunjungan  ke kantor desa atau kecamat- an   untuk   memperoleh informasi  tentang  pejabat yang duduk dalam organi- sasi  pemerintahan  desa dan  kecamatan  di  ling- kungan tempat tinggalnya.
•     Membuat laporan    Tes
Non tes    –    Bestari, Prayoga. Pendidikan Kewarganegaraan untuk kelas IV SD/MI. 2008. Bandung : Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
–    Gamabar
–    Papan tulis, spidol
4×45 menit
(2xpertemuan)

SILABUS
Nama sekolah        :
Mata pelajaran        : kewarganegaraan
Kelas/semester    : IV/1
Alokasi waktu        : 8×45 menit (4xpertemuan)
Standar kompetensi     :  2. Memahami system pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi
Kompetensi dasar    Materi pokok/pembelajaran    Indikator     Kegiatan pembelajaran    Penilaian     Media/sumber belajar    Alokasi waktu
2.1 Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi     Lembaga pemerintahan kabupaten,  kota dan provinsi    1.    Menjelaskan  hakikat    pemeritahan  kabupaten, kota, dan provinsi.
2.    Menjelaskan  susunan  lembaga-lembaga pemerin- tahan  kabupaten, kota, dan provinsi.
3.    Menjelaskan cara pemilihan  kepala daerah  sebagai bentuk  pelaksanaan demokrasi    1.    Mencari informasi dari ber- bagai sumber tentang pe- ngertian pemerintahan ka- bupaten, kota, dan provinsi.
2.    Mencari informasi dari ber- bagai  sumber  tentang lembaga-lembaga pemerin- tahan  kabupaten,  kota, dan provinsi.
3.    Berdiskusi  tentang  tata cara  pemilihan  kepala daerah  sebagai  bentuk pelaksanaan demokrasi..    Tes
Non tes    –    Bestari, Prayoga. Pendidikan Kewarganegaraan untuk kelas IV SD/MI. 2008. Bandung : Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
–    Gamabar
–    Papan tulis, spidol
4×45 menit (2xpertemuan)
2.2 menggambarkan struktur organisasi kabupaten, kota, provinsi    Susunan organisasi kabupaten, kota dan privinsi    1.    Menggambar struktur  organi- sasi  kabupaten, kota, dan provinsi.
2.    Menjelaskan lem- baga-lembaga penyelenggara pemerintah daerah.
3.    Menjelaskan tugas dari masing- masing  lembaga dalam    struktur organisasi  kabu- paten,  kota,  dan provinsi.    1. Mencari informasi dari ber- bagai   sumber   tentang struktur  organisasi  peme- rintahan  kabupaten,  kota, dan provinsi.
2. Mencari informasi dari berbagai   sumber   tentang lembaga-lembaga  yang menyelenggarakan pemerintahan  kabupaten,  kota, dan provinsi.
3. Mencari informasi dari berbagai   sumber   tentang tugas masing-masing lembaga dalam struktur organisasi pemerintahan kabupaten,  kota,  dan  provinsi.    Tes
Non tes    –    Bestari, Prayoga. Pendidikan Kewarganegaraan untuk kelas IV SD/MI. 2008. Bandung : Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
–    Gamabar
–    Papan tulis, spidol
4×45 menit
(2x pertemuan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s